Manfaat Berlatih Beladiri Bagi Kesehatan

Sunday, November 26, 2017

Manfaat Berlatih Beladiri Bagi Kesehatan


siapa di antara kamu yang berlatih beladiri? Berlatih beladiri bukan untuk menjadi sok jagoan atau sekadar untuk membela diri, lho! Ada manfaat positif lain yang bisa kita dapatkan dengan berlatih beladiri. Mau tahu apa saja manfaatnya?

Meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri
Untuk membela diri, dibutuhkan keberanian. Misalnya saja berani untuk mempertahankan hak dan berani menolong orang. Dengan memiliki kemampuan beladiri, kita pasti akan lebih percaya diri dan berani saat harus membela hak kita. Namun bukan berarti kita harus menggunakan kemampuan beladiri itu setiap saat. Seni beladiri tidak boleh digunakan secara sembarangan di luar tempat latihan. 

Belajar menghormati
Dalam seni beladiri kita diajarkan untuk menghormati orang lain, entah itu pelatih, lawan tanding, kakak tingkat, atau orang lain. Kita diajari untuk patuh pada pelatih. Hal ini akan membuat kita terbiasa untuk memperlakukan orang lain dengan rasa hormat, tak hanya di dalam tempat latihan tetapi juga di luar tempat latihan. 

Lebih bugar dan sehat
Belajar seni beladiri memerlukan gerakan-gerakan fisik. Tubuh kita dilatih secara teratur, otot-otot pun akan terlatih untuk bergerak. Coba lihat saja, dalam seni beladiri ada gerakan memukul, menendang, menunduk, melompat, maupun berputar. Sebelum melakukan gerakan inti, kita juga melakukan pemanasan. Wah, pasti metabolisme tubuh menjadi lancar. Badan pun akan lebih bugar dan sehat. 

Meningkatkan kedisiplinan
Beladiri tak bisa dipisahkan dari kedisiplinan. Biasanya, yang tak disiplin dalam berlatih akan mendapat hukuman. Contoh dari kedisiplinan itu adalah harus datang tepat waktu, harus memakai seragam dan kelengkapannya, menaati petunjuk pelatih, saling menghormati, dan tidak boleh melakukan kemampuan beladiri secara sembarangan.� Bila kita terbiasa berlaku disiplin saat berlatih beladiri, maka kebiasaan itu akan terbawa dalam hal lain, misalnya dalam hal kegiatan di sekolah.


November 26, 2017

0 komentar:

Post a Comment